Mengenal Gamelan Jawa Barat : Website2

Alat Penting dalam Gamelan Jawa Barat dan Dibuat oleh

Alat penting dalam gamelan Jawa Barat dan terbuat dari bambu akan dibahas kali ini. Sebelum pembuatan alat musik modern di Indonesia, setiap daerah memiliki alat musik tradisionalnya masing-masing. Setiap alat musik tradisional memiliki keunikan tersendiri, karena dimainkan untuk cerita yang berbeda sehingga sangat menarik.

Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak alat musik daerah dan masih dilestarikan hingga saat ini. Berbicara tentang alat musik tradisional dari Jawa Barat, pasti sebagian besar dari kita berpikir tentang angklung. Tidak dapat dipungkiri bahwa angklung adalah alat musik yang paling populer.

Tapi, tahukah Anda bahwa masih banyak alat musik tradisional Jawa Barat yang masih dilestarikan hingga saat ini? Semua alat musik tradisional harus terbuat dari bahan alami, seperti kayu, bambu, tembaga dan sebagainya. Setiap penggunaan bahan pasti memberikan efek yang berbeda dengan suara yang dihasilkan.

Itu sebabnya kami akan mengulas lebih lanjut tentang gamelan di Jawa Barat, baik yang terbuat dari bambu, kayu maupun tembaga. Sebelum anda melangkah lebih jauh, ada baiknya anda mencari tahu secara umum apa itu gamelan dan bagaimana sejarah perkembangannya di Jawa Barat.

Mengenal Gamelan Jawa Barat

Alat penting dalam gamelan Jawa Barat dan terbuat dari bahan apa yang bisa menjadi pertanyaan bagi kebanyakan orang. Tapi, nah jika kita tahu dulu apa yang dikenal dengan gamelan Jabar sebagai degung. Degung adalah ansambel musik tradisional yang terdiri dari beberapa instrumen.

Umumnya, dalam gamelan terdiri dari gambang, cultanter, kendang, rebab, gong, flute degung, gambang, bonang, panerus, pound, jengglong, untuk saron. Masing-masing alat musik ini menghasilkan suara atau suara yang berbeda sehingga dapat menjadi melodi yang harmonis sebagai fitur musik atau lagu tradisional.

Setiap gamelan memiliki karakteristiknya masing-masing, misalnya tempo yang lebih dinamis untuk Gamelan Bali, tempo yang lebih lambat untuk gamelan Jawa, dan gamelan Jawa Barat yang identik dengan suara mendayu-dayu dari rebab dan seruling. Keduanya merupakan alat penting dalam gamelan Jawa Barat dan terbuat dari bahan alami.

Website

  1. dosoagung.com
  2. digitechnews.net
  3. kugati.com
  4. thepoppygirls.com
  5. werdifferent.net
  6. kingsunda.com
  7. alanblack.info
  8. pacificmedia.org
  9. wallpapersct.com
  10. nexiancloud.com
  11. onihoironi.com
  12. comedyisdead.info
  13. securitypcs.com
  14. howtogetmyexbackforgood.com
  15. electronicawinkels.com
  16. lautanemasmulia.com
  17. hotelfitra.com
  18. gtkabel.com
  19. tokobajuhits.com
  20. girdoto.com
  21. pkpk-tbk.com
  22. bethclayton.info
  23. leslieesdailefund.info
  24. weddingsgallery.info
  25. dcworks.info  

Secara historis, kata Degung berasal dari kata Ratu-agung atau Tumenggung karena pada saat itu para pejabat sangat menyukai musik gamelan, misalnya Bupati Bandung R.A.A. Wiranatakusuma. Selain itu, masih ada teori lain yang membahas asal-usul istilah degung, seperti sesuatu yang megah dan ladies.

Sejarah Gamelan di Jawa Barat

Sejarah pengembangan alat-alat penting dalam gamelan Jawa Barat dan terbuat dari bahan-bahan alami juga akan dibahas dalam artikel ini. Diperkirakan, pada akhir abad ke-18 atau awal abad ke-19, Gamelan Sunda mulai berkembang dengan 15 perangkat gamelan yang diperkenalkan dan sudah tersebar di Seluruh Jawa.

Dari 15 perangkat gamelan, Jawa Barat memiliki 5 perangkat gamelan. Sayangnya, belum ada informasi pasti kapan gamelan memasuki Jawa Barat, namun tercatat gamelan masuk ke tanah Sunda sekitar abad ke-16 menurut aksara Hyang Siksa Kanda Ng Karesian.

Perubahan pada gamelan Sunda terjadi selama perkembangannya, seperti penambahan nyanyian pada game yang pernah dilarang oleh Bupati Cianjur RT. Wiranatakusumah V karena menurutnya sudah menjadi kurang khusyuk dan esensi keheningan menghilang. Namun, perubahan itulah yang membuat gamelan Jawa Barat memiliki ciri khas seperti sekarang.

Tanah Sunda memiliki 3 jenis gamelan, yaitu gamelan salendro atau pelog, gamelan renteng dan gamelan jenis tilu yang memiliki kegunaannya masing-masing. Gamelan salendro sering digunakan dalam seni, sebuah gamelan renteng yang dikenal sebagai gamelan dasar dan tilu tipe gamelan yang biasanya digunakan sebagai musik pengiring.

Gamelan Terbuat dari Bambu

Alat penting dalam gamelan Jawa Barat dan terbuat dari bambu adalah alat musik calung gamelan. Hanya dengan melihatnya, perlu kita ketahui bahwa bambu adalah bahan utama untuk membuat alat musik tradisional gamelan ini. Bambu akan disusun untuk membentuk deretan nada yang nantinya akan dimainkan.

Alat musikal gamelan celembung juga terbuat dari bambu atau lebih baik dengan kulit bambu. Untuk menghasilkan suara, selebran menggunakan resonansi pada segmen bambu yang telah disusun satu demi satu sesuai dengan nada yang dihasilkan. Cara memainkannya dengan memukul selebung menggunakan satu tangan, sedangkan tangan lainnya mengatur pemrosesan suara.

Instrumen multitonal angklung juga terbuat dari bambu dan dapat menghasilkan nada ganda sehingga dapat disesuaikan kembali dengan kebutuhan Anda. Cara bermainnya juga sangat mudah, yaitu dengan mengaduknya hingga mengeluarkan suara sesuai nada. Suara itu muncul karena dampak bambu dan potongan bambu bagian dalam, yang menyebabkan resonansi.

Tidak hanya tiga alat penting dalam gamelan Jawa Barat dan terbuat dari bambu di atas, ada banyak instrumen lain, seperti seruling, arumba dan carinding untuk pria. Material bambu tersebut memang menjadi salah satu bahan alami yang mampu menghasilkan berbagai jenis suara tergantung teknik yang digunakan.

Gamelan Terbuat dari Logam

Instrumen penting dalam gamelan Jawa Barat dan terbuat dari logam terlebih dahulu adalah Saron. Alat gamelan yang cocok dengan keluarga balungan ini menggunakan kelelawar khusus yang terbuat dari kayu. Cara Anda bermain adalah dengan memukul bilah logam dengan tangan kanan, sedangkan tangan kiri memegang bilah sebelumnya.

Instrumen selanjutnya adalah demung yang memiliki penampilan hampir seperti saron. Keluarga balungan ini memiliki 2 jenis yang berbeda, yaitu pelog dan slendro yang mengeluarkan suara yang harmonis. Demung memiliki bilah yang cenderung lebih lebar, tetapi lebih tipis dari saron. Penanam demung berukuran lebih besar.

Anda juga akan menemukan instrumen penting dalam gamelan Jawa Barat dan terbuat dari logam yang disebut bonang. Instrumen ini terdiri dari beberapa gong kecil yang ditempatkan di atas tali dalam bingkai kayu. Setiap gong kecil mampu menghasilkan nada yang berbeda ketika dipukul dengan kelelawar.

Selain itu, masih ada beberapa instrumen dalam gamelan Jawa Barat yang terbuat dari logam, seperti kenong, gong, gambang, kempul dll. Sebagian besar alat musik yang terbuat dari logam adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul khusus.

Gamelan Terbuat dari Kayu

Instrumen penting dalam gamelan Jawa Barat dan terbuat dari kayu terlebih dahulu adalah Drum. Alat gamelan hand-hit ini memiliki fungsi pengaturan ritme dalam ansambel musik gamelan. Dalam gamelan tersebut dikenal berbagai jenis kendang, mulai dari kendang kecil (ketipung) hingga kendang besar.

Instrumen lain adalah rebab, meskipun sering terbuat dari tembaga tetapi sekarang ada banyak rebab yang terbuat dari kayu dengan bentuk seperti panah otomatis. Cara bermainnya adalah dengan menggesek senar, seperti saat memainkan alat musik modern, yaitu biola dengan menggesekkan senar dengan alat khusus.

Selain itu, masih ada alat musik gamelan lain yang disebut siter, alat musik yang dimainkan dengan cara memetik. Hingga saat ini, alat gamelan ini cenderung jarang dimainkan meski suaranya tidak kalah menarik dari alat petik lainnya. Pasalnya, alat musik ini memiliki kemiripan dengan alat musik tradisional India.

Masih banyak instrumen penting yang terlibat dalam gamelan Jawa Barat, namun beberapa instrumen di atas merupakan instrumen yang paling populer. Bagi kamu yang tertarik dengan gamelan Sunda, penting untuk mengetahui instrumen penting dalam gamelan Jawa Barat dan terbuat dari bambu di atasnya .

Sumber : https://www.teknohits.com