Nasi Tutugh Onkom Kunchi Uukakan mengisi perut anda : JurnalJabar

Berikut lima resep makanan siap saji khas Jawa Barat.

Ada banyak resep dari Jawa Barat yang tergolong sederhana, beberapa di antaranya adalah lima resep makanan siap saji khas Jawa Barat yang  wajib dicoba. Tidak hanya kaya akan jajanan manis, gurih, dan pedas, Jawa Barat juga memiliki banyak hidangan lezat yang tak kalah lezat.

Kebanyakan orang Sunda cenderung menyukai makanan yang rasanya pedas dan asin. Namun di sisi lain, mereka juga menyukai berbagai hidangan yang menyajikan sayuran segar di dalamnya. Selain sehat dan lezat, sajian sayuran ini juga mudah diolah, meski tanpa proses memasak yang panjang.

Beberapa hidangan asli dari Jawa Barat, sebagai favorit semua, termasuk penduduk setempat, adalah Karedok, Tahu Gejrot, kemudian nasi tutuug legendaris, kerupuk Seblak, hidangan Sundan otentik dari nasi hidup.  Lima resep makanan siap saji khas Jawa Barat ini  bisa kamu coba secara langsung.

Meski terdengar seperti ada banyak komponen pada menu, nyatanya cara menyiapkan hidangan ini tidaklah sulit. Beberapa bahan yang digunakan juga mudah didapatkan dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Simak ulasan berikut agar kamu bisa segera mulai belajar cara memasak makanan tradisional ini dan bisa dinikmati oleh orang-orang tersayang.

Makanan Barat punya selada, Jawa Barat punya Karedok

Salah satu dari lima resep makanan siap saji khas Jawa Barat yang  patut Anda ketahui adalah Karedok. Ya, jika Anda biasanya menyukai salad sayuran di restoran Barat, hidangan ini hampir serupa. Komposisi di dalamnya sama-sama terdiri dari sayuran yang berbeda, hanya jenis sayuran yang berbeda dari salad.

Jika salad sering menggunakan selada, wortel, irisan jagung manis, serta tomat, tidak seperti caredoc. Hidangan tradisional dari wilayah Jawa Barat ini berisi sayuran segar berupa mentimun, tauge, potongan kacang panjang, kol, selada, daun kemangi, bahkan terong berbentuk bulat. Semuanya disajikan segar dan dipotong-potong.

Jika dressing seperti minyak zaitun atau mayones digunakan dalam salad, caredoc juga menggunakan saus yang terbuat dari bahan-bahan alami, yaitu kacang tanah yang telah dipanggang, dihancurkan bersama dengan panggang lima potong bawang putih, cabai rawit secukupnya, dan delapan biji paprika merah panjang. Tambahkan juga irisan gula merah.

Untuk membuat rasanya lebih stabil, bubukhi dengan bumbu garam, serta potongan terasi. Jika Anda suka sedikit rasa jeruk, berikan jus jeruk nipis dan segmen buku-buku jari kuningan. Aduk sementara bumbu dihaluskan sampai merata. Jika sudah merata, tambahkan air sesuai kebutuhan untuk mencairkannya.

Kini, salah satu dari lima resep siap saji khas Jawa Barat sudah  lengkap, dan  Karedok siap disajikan, menuangkan saus kacang yang lezat dan beraroma di atasnya. Lezat, sehat, praktis, dan  dibuat. Tunggu apalagi? Sekarang giliran Anda untuk mencoba.

Kerupuk Seblak pedas – camilan favorit semua orang

Makanan tradisional lain yang tak kalah sederhana dalam resepnya dan berasal dari Jawa Barat adalah kerupuk seblak. Jika biasanya menyantap kerupuk dengan tekstur renyah, seblak membuat rasa kerupuk yang unik dengan menambahkan kuah pedas saat disajikan. Meski terdengar asing, namun jika kamu mencoba, kamu pasti akan ketagihan.

Bahan-bahan yang terkandung dalam salah satu dari lima resep makanan siap saji khas Jawa Barat tidak hanya kerupuk, tetapi Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti bakso, potongan sosis, telur, bahkan potongan kaki ayam yang juicy dan lembut. Tentu saja rasanya enak.

Cara melakukan ini juga sangat sederhana. Pertama, Anda harus menyiapkan bahan utama seblak, yaitu kerupuk yang Anda rendam dalam air. Kemudian Anda bisa mulai membuat bumbu seblak dengan bawang dan bawang putih, masing-masing empat dan tiga butir, dan kemudian beberapa cabai rawit.

Jumlah cabai rawit hanya menyesuaikan dengan selera Anda. Tambahkan juga enam paprika keriting panjang, potongan daun bawang. Tambahkan air, lalu masak sampai mendidih. Tambahkan juga telur orak-arik dan bumbui dengan garam, merica, serta kaldu bubuk dan gula pasir. Koreksi rasa sesuka hati.

Jika sudah mulai mendidih, kamu bisa mulai meracik kerupuk yang sudah kamu rendam tadi, lalu potong bakso atau sosis secukupnya. Jika Anda ingin sayuran, Anda juga bisa menaruh potongan kol. Masak sampai semuanya matang dan lembabkan selagi masih panas. Aromanya pasti sangat menggoda sekali.

Nasi Tutugh Onkom Kunchi Uukakan mengisi perut anda

Lima resep makanan siap saji khas Jawa Barat ini sangat beragam, salah satu resep yang paling dicari pastinya adalah menu masakan kali ini, yaitu nasi tutuug onkom. Hidangan berat kali ini benar-benar menunjukkan identitas Jawa Barat. Seporsi nasi dicampur oncom, yaitu pedas, pedas dan lezat.

Kali ini, hidangannya sangat cocok dikonsumsi saat makan siang atau makan siang. Proses produksinya sendiri tidak rumit. Pertama, siapkan dua kotak oncom, lalu hancurkan dengan garpu dalam pertarungan yang sulit. Siapkan bawang dan bawang putih masing-masing hanya dari lima dan dua butir.

Untuk menambah rasa pedas, tambahkan lima cabai rawit, serta lima cabai merah segar, setengah segmen jari, terasi udang yang dibakar dengan setengah sendok teh, lalu garam dan gula sesuai kebutuhan. Haluskan sampai semua bumbu tercampur rata, kecuali oncom.

Jika sudah halus, campur oncom yang sobek bersama dengan bumbu halus, lalu panggang atau goreng oncom sampai matang dan keringkan sedikit. Masak nasi hangat, campur oncom dan nasi putih hingga merata. Nasi tutug onkom siap dikonsumsi saat masih merokok.

Tahu geirot buatan sendiri yang legendaris

Yang keempat dari lima resep siap saji khas Jawa Barat berikut ini  adalah resep tahu geirot. Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar hidangan unik berikut ini, karena Anda bisa dengan mudah menemukannya di pedagang pinggir jalan pada sore hingga malam hari. Selain isiannya, hidangan ini juga lezat.

Perpaduan rasa pedas, asin, serta manis, serta rasa pedas dan asam dari sup tahu heirot sangat menyebabkan lidah konsumen bergoyang. Tahu yang khas juga merupakan potongan belah ketupat yang lembut, juga mampu mengisi perut Anda yang keroncongan. Siapa sangka resep memasak makanan ini sangat sederhana dan praktis.

Anda hanya perlu membuat saus kacang dengan cara memotong bawang bombay dan berwarna putih serta hijau untuk menghaluskan cabai rawit. Kemudian tuangkan dalam larutan gula merah, lalu kecap manis, lalu asam jawa, dan garam dan air di atas bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya.

Masak dan potong tahu pong menjadi kotak serta belah ketupat, dan tuangkan sup tahu gejrot di atasnya. Jangan lupa, sebelum menyajikan dan menikmatinya, taburkan juga kerupuk untuk isiannya menambah tekstur. Tahu gejrot siap disajikan.

Livet Rice berasal dari Jawa Barat

Terakhir dari lima resep makanan siap saji khas Jawa Barat adalah nasi yang meriah. Siapa yang bisa menahan godaan nasi pedas dengan tambahan ikan asin dan potongan petai segar? Tentunya untuk bisa menikmatinya, kamu bisa memasak hidangan ini sendiri.

Caranya sangat sederhana, seperti halnya persiapan beras biasa. Cukup tambahkan beberapa bumbu seperti irisan tipis bawang putih, cabai rawit, serai pres, daun salam, ikan teri goreng, margarin, ditaburi garam, potongan petai segar dan air secukupnya.

Masak dalam penanak nasi listrik dan tunggu nasi matang. Nasi kenyal sudah bisa dikonsumsi dengan berbagai lauk yang anda sukai. Nah, itulah lima resep makanan siap saji khas Jawa Barat yang bisa anda praktikkan dengan mudah di rumah.

Read More :

Sumber : https://www.teknohits.com