Sejarah Jajanan Cireng Jabar : DesaCanggu

Resep Cireng Jawa Barat bisa dibuat sesuai kebutuhan

Resep cireng khas Jawa Barat banyak orang yang berusaha menemukannya.   Makanan olahan Cyrengo telah lama mendapat tempat di hati makanan. Makanan olahan ini, tentu saja, memiliki sejarah perkembangannya sendiri hingga saat ini dibuat dalam berbagai jenis persiapan lainnya.

Namun sebenarnya ada beberapa trik khusus yang  memang perlu Anda pahami dengan baik agar bisa membuat cireng yang lezat. Biasanya masalah yang sering ditemukan ketika keadaan cyrengo dingin maka berubah menjadi kuat sehingga sulit untuk makan. Tentunya hal ini bisa terjadi karena proses pengolahannya yang tidak tepat.

Menerapkan resep cyrengo Jawa Barat  dengan benar tidak akan cukup, tetapi Anda masih perlu mengetahui berbagai cara tepat lainnya. Dengan begini, cireng yang anda buat pasti tidak akan gagal dan anda bisa menikmatinya sebagai camilan yang menarik di sore hari. Apalagi jajanan ini benar-benar sangat menarik untuk dicoba meskipun sudah banyak orang yang menjualnya di pasaran.

Sejarah Jajanan Cireng Jabar

Padahal, cireng ini sudah ada sejak sekitar tahun 1970. Penjual adalah pedagang kaki lima sehingga mudah ditemukan di banyak tempat. Mengolah makanan ini juga pada dasarnya sangat sederhana karena hanya terbuat dari tepung tapioka, digoreng, kemudian disajikan dengan tambahan bumbu khasnya.

Namun biasanya makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia memiliki cerita tersendiri yang juga menarik untuk anda ketahui. Di wilayah Jawa Barat, khususnya Bandung, banyak jenis jajanan yang diketahui berasal dari bahan baku tepung tapioka, selain cyrengo. Bahkan makanan ini dikenal di berbagai daerah lain.

Saat itu, masyarakat di wilayah Jawa Barat cukup sulit mendapatkan bahan makanan seperti roti, gandum, beras. Itu sebabnya mereka mencari cara untuk membuat makanan ringan yang diterima dengan baik oleh berbagai perjalanan hidup. Dari sana,  resep cyrengo Jawa Barat dibuat untuk pertama kalinya.

Makanan ini dipilih karena bahan utama tapioka adalah tepung yang diolah dari singkong. Kemudian semakin lama bertahan, semakin banyak olahan tepung singkong menjadi banyak jajanan, tentunya menarik dan mudah diakses oleh masyarakat sekitar. Misalnya yang dikenal seperti cimol, seblak, silok dan lainnya.

Ciri khas makanan ini adalah ia menggunakan singkatan sebagai penunjukannya. Hal ini biasanya dilakukan karena kecenderungan untuk membuat pola pikir masyarakat di Jawa Barat menjadi lebih sederhana dan sederhana. Dengan cara ini memilih untuk memiliki nama yang disingkat untuk diberi makan seolah-olah salah satunya adalah cireng ini.

Resep membuat jajanan Cireng sederhana

Memang, banyak resep orang Jawa Barat telah berkembang, tetapi Anda perlu memperhatikan mana yang paling cocok. Tentu saja, kemudian juga dikaitkan dengan keberhasilan proses produksi nanti. Jadi Anda bisa mencoba menerapkan resep yang dianggap paling tepat untuk digunakan sebagai bagian utama dari makanan buatan sendiri.

Anda perlu mencampur pati, tepung tujuan dan daun bawang cincang sampai halus. Kemudian ditambahkan dengan seledri dan bawang putih halus sebagai donor rasa tambahan. Anda juga bisa memberikan rasa ekstra, merica dan garam sebagai bumbu untuk membuat rasa cyrengo lebih stabil.

Campuran harus dibuang menggunakan air hangat dan diaduk perlahan. Anda perlu memastikan bahwa adonan resep Jawa  Barat  tercampur dengan baik dan benar-benar halus. Kemudian, bentuk saja adonan yang siap menjadi berbentuk pipih atau sesuai dengan kreasi dan keinginan anda agar hasilnya juga unik.

Setelah selesai, cukup goreng adonan dengan minyak panas. Bahkan, cukup mudah dan Anda bisa menambahkan royce, sambel atau saus lainnya ke setiap selera sebagai pendamping saat Anda makan cireng nanti. Akan lebih menarik lagi jika Anda menemukan kreasi kelapa Anda sendiri.

Trik membuat Cireng sempurna

Dalam resep cireng khas Jawa Barat , tentunya ada rahasia yang bisa Anda coba terapkan agar nantinya hasilnya tidak gagal. Dalam hal ini tentunya lebih kepada teknik mengolah tes hingga digoreng agar tidak sulit nantinya. Sehingga nantinya bisa nyaman dimakan oleh siapa saja, apalagi ditemani kakao yang sedikit pedas agar lebih enak.

Untuk membuat campuran adonan, ada baiknya menggunakan air hangat. Proposal ini bertujuan agar adonan lebih optimal tercampur dan nantinya bisa seperti lem. Ini adalah adonan yang baik yang diproduksi untuk membuat cireng enak dan berhasil tidak keras meskipun sudah dalam keadaan dingin setelah digoreng.

Hindari juga mencampur tes terlalu lama karena ini juga akan membuat ini lebih sulit. Pastikan saja adonan dibuat halus, hanya secukupnya. Selain itu, pastikan resep khas Jawa Barat  yang Anda buat benar-benar takaran yang tepat sehingga bisa menghasilkan rasa sesuai dengan setiap harapan.

Trik lain yang bisa Anda coba saat membentuk adonan menjadi adonan bulat adalah dengan menaburkan tepung ke tangan Anda. Metode ini membantu Anda menjadi lebih mudah saat membentuk dan tidak merasa panas di tangan Anda. Jika ingin hasilnya lebih renyah nantinya, Anda bisa menaburkan adonan yang sudah jadi dengan tepung tapioka lagi sebelum digoreng.  Jangan lupa untuk memastikan bahwa minyaknya benar-benar panas dan lakukan teknik penggorengan dalam pada tes.

Kreasi resep Cireng yang unik dan menarik

Saat ini sudah banyak olahan kreasi baru  dari resep dasar  Jawa Barat yang ada. Tentu saja, dengan cara ini Anda juga memiliki banyak pilihan yang perlu Anda kembangkan sesuai dengan setiap selera. Kelapa atau kuah yang digunakan sebagai teman olahan cyrengo ini pun beragam, mulai dari segerombolan sambal musiman, super pedas, kuah seblaka, hingga kuah bakso.

Bahkan saat ini, yang banyak  dilakukan bukan hanya kelapa atau kuah yang dibuat, tetapi juga tambahan untuk tes cireng. Anda bisa membuat nasi cireng atau isi cireng yang diberikan dengan bahan tambahan seperti ayam, sosis, tahu, untuk ikan. Itu semua tergantung pada seberapa kreatif Anda dengan resep dan membuat persiapan baru dari bahan ini dari tepung tapioka.

Pasti akan sangat menyenangkan jika anda menemukan resep khas Cireng dari Jawa Barat, dan  kemudian anda sangat menyukai yang lain. Tentunya hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan yang juga menguntungkan untuk Anda kembangkan. Miliki resep cireng modern Anda sebagai kreasi di dapur yang juga bisa dinikmati oleh orang-orang terdekat Anda.

Camilan ini sangat enak dinikmati bersama dengan teh atau minuman lainnya sambil berkumpul kembali dengan keluarga atau kerabat dekat lainnya. Bahkan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan jika Anda berhasil mengolahnya dengan baik. Jadi, tidak perlu terpaku pada resep cyrengo tradisional Jawa Barat  yang ada, tetapi cobalah untuk menemukan hal-hal baru dari camilan populer ini.

Read More :

 

Sumber : https://www.teknohits.com